Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Dispertan Cilacap Gelar Kontes & Expo Hewan Ternak

Minggu 24 2023 | 24 September WIB Last Updated 2023-09-24T07:04:09Z


CILACAP, Suarajateng.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap melalui Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Cilacap gelar kontes dan expo hewan ternak. Ratusan ekor hewan ternak seperti sapi dan kambing saling bersaing untuk adu gagah dan menjadi yang terbaik. 


Acara yang diselenggakan Sabtu, (23/09/2023) di lapangan Sunan Kali Jaga Desa Kuripan Kidul, Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap diikuti para peternak se-Kabupaten Cilacap. 


Kepala Dispertan Cilacap, Susilan mengatakan, bahwa tujuan kontes untuk mencari bibit ternak terbaik dan produktif yang dapat di kembangkan menjadi penanaman berkualitas (bibit unggul) di Cilacap, baik pejantan maupun betinanya. 


"Dengan penghasilan ternak yang berkualitas diharapkan akan meningkatkan perekonomian masyarakat, dan akan semakin baik khususnya pemilik peternak, karna harga jualnya semakin naik dikarenakan kualitas ternaknya yang baik," katanya.



Ia menambahkan, bahwa keberadaan ternak sapi dan kambing di Kabupaten Cilacap saat ini semakin berkembang cukup bagus, dan sudah tersebar di sejumlah wilayah. Sememtara ternak kambing di wilayah barat di daerah Jeruklegi, Gandrungmangu, dan Karangpucung, kambingnya dari Australia dan produksi susu kambingnya juga bagus. 


Sementara, Pj Bupati yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, M. Wijaya menyampaikan, bahwa kegiatan kontes ternak tersebut merupakan agenda rutin tahunan. Kegiatan positif ini perlu kita support di Kabupaten Cilacap. 


"Karena mempunyai ternak sapi yang luar bisa, patut dibanggakan misalnya seperti sapi Limoson, kambing Jawa rindu dan lainnya," katanya. 


Ia berharap, ketika menjelang Hari Raya Idul Adha atau hari raya lainnya karena sudah ada para peternak yang luar biasa, maka kita tidak perlu mengambil dari daerah lainnya.


"Bila perlu Cilacap bisa menjadi produsen ternak. Kita bisa kirim ternak ke daerah lainnantinya, dan Pemkab akan mensupport melalui BUMN yang ada di Kabupaten Cilacap," pungkasnya. (Rodiyati)

×
Berita Terbaru Update